Karna sudah memasuki musim penghujan, hari itu pun kami harus berakrab ria dengan kabut dan gerimis. Kami tak bisa sepenuhnya berpatok pada itinerary karna kondisi alam bisa saja memaksa kami untuk mendirikan tenda atau bahkan turun lebih awal. Dan benar. Kami terpaksa harus mendirikan tenda lebih awal karna gerimis mulai turun memasuki siang hari. Awalnya, kami berencana mendirikan tenda di Lembah Suci, sesuai yang disarankah oleh pihak base camp. Namun kondisi memaksa kami untuk mendirikan tenda di Pos Bidoplang (Bidoplang adalah Pos 2 dari jalur Batur Sari sekaligus persimpangan antara jalur Batur Sari dan Jalur Sipetung).

Dari Pos Bidoplang ke Lembah Suci masih membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam lagi. Sembari menunggu hujan reda, kami mengisi waktu dengan memasak dan membuat minuman hangat. Tentu saja, ada banyak sekali canda tawa yang tercipta di antara kami di momen ini. Salah satu hal yang menyenangkan ketika mendaki gunung adalah ketika kita mendapat teman yang satu frekuensi. Alhamdulillah. Hari itu, saya mendapat teman sependakian yang suka becanda dan tidak jaim sehingga pendakian terasa begitu sangat menyenangkan.

Perjalanan kembali dilanjutkan sekitar pukul 01.30 dini hari. Dari tempat kami mendirikan tenda, masih dibutuhkan waktu sekitar 6 jam lagi untuk sampai ke Puncak Kepala Singa, puncak pertama dari jalur Sipetung. Tidak ada yang tinggal di tenda. Kami semua ikut naik. Dan alhamdulillah, kami semua bisa menginjakkan kaki di Puncak Kepala Singa. Di pendakian kali ini saya sebenarnya tak terlalu terobsesi untuk sampai ke puncak.

Toh saya sudah pernah ke Puncak Sejati ketika mendaki gunung yang sama via Kaliangkrik dua tahun lalu. Saya cuma ingin mendaki. Melewati jalan setapak jalur pendakian. Menikmati udara gunung yang sejuk dan lembab. Melihat pohon pinus. Bertemu teman lama dan baru lalu mengukir cerita untuk masa depan. Tapi karna kondisi fisik masih sangat memungkinkan, saya dan teman-teman memutuskan untuk melanjutkan perjalanan sampai ke puncak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *